Kebijakan Garansi
FEBI dan SWAG
Ferdinand Bilstein GmbH + Co. KG, Wilhelmstr. 47, 58256 Ennepetal, JERMAN (selanjutnya disebut “Ferdinand Bilstein”) memberikan garansi pabrik di seluruh dunia selama tiga tahun untuk suku cadang kendaraan bermotor bermerek febi, Blue Print dan SWAG yang baru diproduksi (selanjutnya disebut “Produk”) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Garansi ini dapat diminta oleh setiap pembeli komersial atau bisnis di seluruh rantai pasokan. Ini termasuk, selain semua dealer, juga pemilik kendaraan (di mana merupakan bisnis) di mana Produk telah dipasang, serta bengkel yang melakukan pekerjaan instalasi. Ferdinand Bilstein menawarkan garansi sehubungan dengan Produk tertentu, hanya pada satu kali kesempatan dan kepada orang yang pertama kali memberikan pemberitahuan tentang klaim garansi yang bersangkutan kepada Ferdinand Bilstein. Garansi tiga tahun akan dimulai untuk pemilik kendaraan pada hari di mana Produk dipasang pada kendaraannya atau jika tidak akan dimulai pada hari saat Produk dibeli. Prasyarat ini untuk pelaksanaan klaim garansi harus didokumentasikan oleh pengaju klaim yang relevan dengan menunjukkan salinan faktur asli atau dokumentasi lain yang sesuai.
Syarat dan ketentuan berikut menjelaskan prasyarat tambahan, penanganan klaim, dan cakupan garansi. Jaminan ini tanpa mengurangi hak jaminan hukum dan hak undang-undang lainnya, terlepas dari dasarnya di hukum.
Klaim garansi hanya dapat dilakukan jika Produk cacat sejak awal. Produk akan dianggap cacat dari awal jika pada saat diserahkan oleh Ferdinand Bilstein kepada pembeli awal tidak sesuai dengan kualitas yang disepakati atau kualitas yang diperlukan dan standar untuk penggunaan yang disepakati atau secara umum. Keadaan cacat awal tersebut harus ditunjukkan oleh pengaju klaim.
Setelah klaim garansi diajukan dan terbukti, Ferdinand Bilstein berhak memilih salah satu untuk memberikan produk pengganti atau untuk mengganti harga pembelian yang telah didokumentasikan oleh pengaju klaim. Jika pengaju klaim memperoleh Produk dari bengkel sehubungan dengan pekerjaan perbaikan atau pemeliharaan, harga Produk harus dinyatakan secara terpisah dalam faktur yang dikeluarkan oleh bengkel. Jika Ferdinand Bilstein memutuskan untuk memberikan produk pengganti maka akan diberikan produk yang setara secara fungsional, bebas kesalahan dengan nilai setara, yang tidak harus benar-benar identik dengan model, jenis, dan lot produk cacat.
Setiap klaim di bawah jaminan ini terbatas pada layanan yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, jaminan tidak akan mencakup perbaikan Produk yang rusak atau penggantian biaya dan pengeluaran perbaikan terkait, seperti pembongkaran dan biaya pemasangan dan kerugian konsekuensial yang disebabkan oleh Produk yang cacat.
Klaim jaminan harus diajukan langsung kepada Ferdinand Bilstein, sebagai penyedia jaminan, menggunakan formulir kontak di www.febi.com/3, www.blue-print.com/3, atau www.swag.de/3. Formulir kontak harus berisi semua informasi yang menjadi dasar klaim jaminan pengaju klaim, termasuk deskripsi cacat atau kesalahan, dan formulir harus diterima dalam periode jaminan yang berlaku. Tunduk pada ketentuan ini, klaim akan dianggap telah diajukan dalam periode jaminan bahkan dalam hal Ferdinand Bilstein kemudian meminta pengaju klaim untuk mengirim informasi tambahan atau Produk yang cacat (dengan biaya Ferdinand Bilstein) sehubungan dengan pemeriksaan lebih lanjut dari klaim jaminan.
Jika pengaju klaim telah memberikan bukti kepada Ferdinand Bilstein tentang klaim jaminan, Ferdinand Bilstein harus memberi tahu pengaju klaim apakah Produk bebas cacat akan dikirim atau harga pembelian yang telah dibayarkan oleh pengaju klaim akan diganti.
Garansi tidak mencakup cacat dan kesalahan apa pun yang bukan merupakan akibat dari cacat kualitas yang ada pada saat penyerahan kepada pembeli pertama. Ini harus mencakup, khususnya, penyebab berikut: kerusakan saat pemasangan, kegagalan untuk mematuhi persyaratan pemeliharaan dari produsen kendaraan bermotor yang bersangkutan, penggunaan Produk untuk kendaraan bermotor yang tidak digunakan untuk lalu lintas jalan biasa atau kendaraan yang Produknya tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan diterbitkan oleh Ferdinand Bilstein, keausan biasa, penyimpanan yang tidak sesuai, pemrosesan, atau perubahan berikutnya lainnya terhadap Produk, atau pengaruh eksternal lainnya.
Kecuali diwajibkan lain oleh hukum, Syarat dan Ketentuan Jaminan ini dan perjanjian jaminan yang dibuat pada dasar perjanjian ini akan diatur oleh hukum Jerman, dan Konvensi PBB tentang Kontrak untuk Penjualan Barang Internasional
tidak akan berlaku. Kecuali ditentukan lain oleh hukum, yurisdiksi untuk kedua belah pihak akan terletak di Ennepetal di Jerman sebagai lokasi kantor terdaftar Ferdinand Bilstein.
RIDEX dan STARK
Garansi resmi produsen akan menjadi solusi eksklusif untuk setiap cacat atau kegagalan produk. Silakan merujuk ke instruksi pabrikan untuk memastikan bahwa Anda dapat memanfaatkan garansi produk Anda.
Produsen RIDEX dan STARK memberikan masa garansi sbb:
- RIDEX memberikan garansi 2 (dua) tahun, untuk produk tertentu.
- STARK memberikan garansi 3 (tiga) tahun, untuk produk tertentu.
Garansi dihitung sejak tanggal pembelian nota pembelian.
Untuk setiap garansi produk yang diberikan di atas, berlaku ketentuan sebagai berikut:
- Garansi terbatas hanya untuk pembeli pertama dan tidak dapat dipindahtangankan.
- Dalam keadaan apapun, tanggung jawab produsen tidak akan melebihi jumlah harga penjualan awal. Produsen akan mengembalikan dana ke wallet pelanggan atau kupon voucher, sesuai dengan harga pembelian prorata berdasarkan sisa masa garansi yang belum terlewati dan tidak meliputi biaya pengiriman, pembongkaran, perbaikan dan lainnya yang diluar harga pembelian.
- Setiap garansi tidak mencakup biaya tenaga kerja atau kerusakan insidental, baik secara langsung maupun tidak langsung, namun tidak terbatas pada, cedera fisik atau kerusakan properti, hilangnya waktu, hilangnya penggunaan kendaraan, ketidaknyamanan, biaya angkutan udara, biaya sewa kendaraan, biaya derek atau akomodasi yang disebabkan oleh cacat atau kegagalan suku cadang.
- Garansi tidak mencakup paket yang hilang atau dicuri. Karena pelanggan adalah pengirim, dia adalah satu-satunya pihak yang dapat mengajukan klaim kehilangan kepada perusahaan jasa pengiriman. Oleh karena itu, klaim harus dikoordinasikan dan diproses melalui perusahaan jasa pengiriman oleh pelanggan.
Ketentuan pengajuan klaim garansi
Klaim garansi untuk produk RIDEX dan STARK diajukan melalui PT. Otokars Komponen Distribusi dengan persyaratan sbb:
- Produk lengkap dengan kemasannya.
- Bukti nota pembelian.
- Nomor rangka kendaraan, foto STNK dan foto mobil tampak depan dan belakang.
- KTP
- Foto dan video yang menunjukkan cacat/kerusakan pada produk suku cadang. Foto dan video harus jelas dan berkualitas bagus.
- Untuk produk suku cadang elektrik/elektronik seperti sensor air mass, ignition coil, busi, dan sejenisnya, diperlukan dokumen pendukung berupa foto/video hasil scan diagnostic yang menunjukkan kegagalan pada produk tersebut.
Garansi tidak berlaku dan batal jika:
- Produk rusak karena kesalahan pemasangan oleh pelanggan atau pihak ketiga.
- Produk dimodifikasi atau diubah oleh pelanggan atau pihak ketiga.
- Pelanggan membeli dan memasang produk tidak sesuai dengan jenis kendaraannya.
- Produk digunakan secara tidak tepat atau digunakan untuk fungsi lain selain tujuan yang dimaksud.
- Produk digunakan dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan dan rekomendasi yang diberikan oleh produsen suku cadang/produsen mobil.
Durasi Proses Klaim Garansi
Durasi proses klaim garansi tergantung kepada produsen. PT. Otokars Komponen Distribusi tidak dapat memberikan jangka waktu pasti. Namun akan berusaha untuk segera mengajukan klaim garansi kepada produsen setelah semua dokumen lengkap.
TEKNOROT
Jaminan garansi produk dari produsen Teknorot:
- Masa garansi dimulai sejak produk diterima oleh konsumen dan berlaku selama dua tahun.
- Semua bagian suku cadang yang sudah lengkap dicakup oleh garansi Teknorot.
- Jika produk Teknorot gagal selama masa garansi, waktu yang terpakai selama masa perbaikan akan ditambahkan pada masa garansi. Maksimum jangka waktu perbaikan atau penggantian adalah tiga puluh hari kerja. Periode ini akan dimulai dari tanggal pemberitahuan ke pusat servis tentang kesalahan yang berkaitan dengan barang, atau kepada penjual, dealer, agen, perwakilan, importir atau pabrikan barang (dalam hal pusat servis tidak ada).
- Jika perbaikan tidak bisa dilakukan, Produsen akan mengembalikan dana ke wallet pelanggan atau kupon voucher, sesuai dengan harga pembelian prorata berdasarkan sisa masa garansi yang belum terlewati dan tidak meliputi biaya pengiriman, pembongkaran, perbaikan dan lainnya yang diluar harga pembelian.
- Cacat yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak sesuai dengan manual operasi tidak tercakup dalam jaminan.
- Cacat yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak sesuai dengan manual pengoperasian tidak tercakup dalam garansi.
- Agar dokumen garansi valid, semua informasi pada dokumen kartu garansi harus diisi dengan lengkap. Kartu garansi terdapat dalam kemasan setiap produk Teknorot.
Pengecualian garansi:
- Kegagalan terjadi karena menggunakan kendaraan di luar kondisi operasi normal (ikut serta dalam balapan, kelebihan beban, penggunaan kondisi medan yang tidak biasa, dll.)
- Perawatan kendaraan dilakukan oleh personel yang tidak terlatih atau tidak ahli.
- Penggunaan kendaraan yang tidak sesuai dengan petunjuk garansi dan dokumen pemakaian.
- Modifikasi pada bagian kemudi dan suspensi.
- Kerusakan pada bagian kemudi dan suspensi akibat kecelakaan kendaraan.
- Kerusakan yang terjadi akibat bencana alam, perang dan aksi teroris.
Ketentuan pengajuan klaim garansi:
Klaim garansi untuk produk TEKNOROT diajukan melalui PT. Otokars Komponen Distribusi dengan persyaratan sbb:
- Produk lengkap dengan kemasannya.
- Bukti nota pembelian.
- Nomor rangka kendaraan, foto STNK dan foto mobil tampak depan dan belakang.
- KTP
- Foto dan video yang menunjukkan cacat/kerusakan pada produk suku cadang. Foto dan video harus jelas dan berkualitas bagus.
- Deskripsi kerusakan secara jelas.
- Scan kartu garansi yang sudah diisi lengkap.
Durasi Proses Klaim Garansi:
Durasi proses klaim garansi tergantung kepada produsen. PT. Otokars Komponen Distribusi tidak dapat memberikan jangka waktu pasti. Namun akan berusaha untuk segera mengajukan klaim garansi kepada produsen setelah semua dokumen lengkap.
GARANSI TOKO
Untuk produk yang belum dinyatakan terlindungi garansi resmi produsen, maka PT. Otokars Komponen Distribusi memberikan garansi toko selama tiga bulan untuk produk yang sudah dinyatakan secara jelas didalam deskripsi produk bahwa dijamin garansi toko dengan ketentuan sbb:
- Garansi dihitung sejak tanggal pembelian berdasarkan nota pembelian.
- Garansi hanya mencakup cacat pada produk saat produk diterima atau kegagalan sistem saat produk digunakan dalam masa garansi.
- Garansi tidak mencakup cacat atau kerusakan produk saat diterima akibat kelalaian perusahaan pengiriman/kurir.
- Garansi tidak mencakup kerusakan karena kesalahan pemasangan dan penanganan yang tidak hati-hati seperti ada bagian produk yang patah, rusak, tidak berfungsi karena kelalaian yang mengakibatkan kerusakan tersebut.
- Garansi batal jika Produk dimodifikasi atau diubah oleh pelanggan atau pihak ketiga.
- Garansi batal jika Pelanggan membeli dan memasang produk tidak sesuai dengan jenis kendaraannya.
- Garansi tidak mencakup jika produk digunakan tidak sesuai dengan peruntukkannya, rusak akibat kecelakaan, bencana alam, perang, dan lain-lain.
- PT Otokars Komponen Distribusi tidak akan memperbaiki produk yang diterima pengajuan klaim garansinya. Jika produk diketahui tidak berfungsi saat pertama kali dipasang, maka kami akan menggantinya. Jika produk tidak berfungsi setelah satu bulan pemasangan, maka kami akan mengembalikan dana ke wallet pelanggan atau kupon voucher, sesuai dengan harga pembelian prorata berdasarkan sisa masa garansi yang belum terlewati dan tidak meliputi biaya pengiriman, pembongkaran, perbaikan dan lainnya yang diluar harga pembelian.
Ketentuan pengajuan garansi:
- Produk lengkap dengan kemasannya.
- Bukti nota pembelian.
- Nomor rangka kendaraan, foto STNK dan foto mobil tampak depan dan belakang.
- KTP
- Video unboxing tidak putus dari awal sampai akhir.
- Foto dan video yang menunjukkan cacat/kerusakan pada produk suku cadang. Foto dan video harus jelas dan berkualitas bagus.
- Deskripsi dan penjelasan lengkap masalah yang dihadapi dengan produk tersebut.
- Untuk produk suku cadang elektrik/elektronik seperti sensor air mass, ignition coil, busi, dan sejenisnya, diperlukan dokumen pendukung berupa foto/video hasil scan diagnostic yang menunjukkan kegagalan pada produk tersebut.
100% ORIGINAL WARRANTY
Merupakan jaminan yang menyatakan bahwa produk yang dijual merupakan produk asli sesuai merek produk. Jika Pembeli menerima produk yang tidak asli (original), maka Pembeli berhak mengajukan klaim. Setelah klaim disetujui, PT. Otokars Komponen Distribusi akan meminta Pembeli untuk mengembalikan barang tersebut. Barang yang dikembalikan akan diperiksa secara menyeluruh, apabila terbukti barang tersebut tidak asli, maka akan dilakukan pengembalian dana kepada pembeli senilai harga pembelian.
Jangka waktu pengajuan klaim/komplain mengikuti ketentuan pada marketplace tempat dilakukan pembelian atau maksimal 2 (dua) hari sejak pesanan diterima jika membeli melalui situs Otokars.
Semua ketentuan dalam kebijakan garansi ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
Untuk keperluan garansi, silahkan hubungi kami melalui email: sales@otokars.id