Kebijakan Pengembalian
Di Otokars.ID, kami melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan kami puas dengan pembelian mereka. Namun, kami menyadari bahwa terkadang Kamu mungkin menghadapi beberapa ketidaknyamanan, yang mungkin mendorong Kamu untuk mengembalikan satu atau lebih item.
Saat paket diterima dan/atau sebelum digunakan
- Lakukan video unboxing secara jelas dan dengan kualitas video yang bagus. Tanpa video utuh dari awal buka paket, tidak diterima. Video yang diedit, rekam ulang setelah dibuka (bungkus ulang), tidak diterima.
- Baca dengan cermat syarat dan ketentuan sebelum menggunakan produk.
- Saat Kamu membuka paket dari Otokars.ID, Kamu menerima persyaratan penjualan dan pengembalian kami.
- Periksa paket untuk mengetahui kerusakan di bagian luar dan apakah kerusakan tersebut menyebabkan kerusakan pada produk didalamnya. Setiap keluhan mengenai paket yang rusak akibat pengiriman harus dilaporkan ke perusahaan jasa ekspedisi yang dipilih pelanggan.
- Jika Kamu menerima produk yang rusak atau tidak lengkap di dalam paket, Otokars.ID harus diberitahu dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah paket diterima. Kami akan melakukan evaluasi apakah kerusakan tersebut karena produk cacat sejak awal atau akibat penanganan dalam pengiriman.
- Jika Kamu melakukan pesanan melalui marketplace, maka ketentuan dan jangka waktu komplain dan pengembalian mengikuti ketentuan marketplace tersebut. Pesanan di Marketplace yang tidak cocok suku cadang dengan mobilnya, hanya bisa ditukar jika status pesanannya sudah menjadi selesai. Penukaran dilakukan diluar Marketplace, karena sistem marketplace tidak mendukung penukaran untuk produk yang tidak cocok dan berbeda harga.
- Melewati tenggat waktu yang sudah ditentukan ini akan mengakibatkan hilangnya kompensasi; hal ini dikarenakan kami juga memiliki tenggat waktu untuk melaporkan klaim kepada pihak jasa ekspedisi apabila terjadi kerusakan barang.
- Otokars.ID menawarkan jasa untuk memeriksa apakah suku cadang yang dipesan sudah benar dan sesuai dengan kendaraan Kamu berdasarkan dengan nomor rangka/sasis, tetapi pelanggan bertanggung jawab untuk memeriksa apakah suku cadang itu cocok sebelum memasangnya.
Pengembalian/Retur
- Pelanggan dapat meminta pengembalian barang dalam waktu 14 (empat belas) hari setelah menerima pesanan.
- Setelah 14 (empat belas) hari, permintaan pengembalian sudah tidak diterima. Kamu bertanggung jawab untuk memeriksa apakah suku cadang itu benar, terlepas dari kapan Kamu bermaksud menggunakannya.
- Otokars.ID hanya menjual suku cadang baru dan harus dikembalikan dalam kondisi yang sama seperti saat diterima.
- Otokars.ID hanya menerima produk yang tidak terpakai dan bersih yang dikembalikan dengan kotak atau kantong plastik asli (di mana nomor artikel ditampilkan). Jangan menulis atau menggunakan selotip pada kotak asli, kantong plastik, atau produk itu sendiri!
- Jika suku cadang tersebut memiliki tanda/bekas telah digunakan atau dipasang dengan cara yang mempengaruhi kondisinya, pengembalian akan ditolak, dan suku cadang yang telah kami terima akan kami kirim kembali ke pelanggan atau kami buang setelah mendapat konfirmasi dari pelanggan.
Bagaimana cara saya melakukan pengembalian/retur?
- Hubungi Otokars.ID melalui nomor whatsapp, email atau chat di marketplace.
- Setelah semua informasi yang diperlukan kami terima, Kamu akan mendapat label pengiriman pengembalian yang perlu dicetak dan ditempelkan di luar paket.
- Setelah pelanggan menerima label pengiriman retur, pelanggan memiliki waktu 7 (tujuh) hari lagi untuk mengirimkan item retur. Biaya pengiriman merupakan tanggung jawab pelanggan. Paket tersebut wajib diasuransikan untuk melindungi kamu dari resiko paket rusak dalam pengiriman.
- Saat menyiapkan pengembalian, pastikan produk dalam kemasan aslinya dan kemas item dalam kotak/dus yang sesuai dan aman. Jika terdapat ruang kosong didalam kotak/dus, tambahkan bahan bantalan seperti koran yang diremuk, plastik bubble atau sejenisnya, untuk menstabilkan isinya. Jika kemasan aslinya padat, Kamu dapat membungkusnya sebagai paket dengan ditambah lapisan pelindung kertas, potongan kardus atau bungkus plastik wrap/bubble di sekelilingnya untuk perlindungan.
- Kamu bertanggung jawab untuk memastikan produk aman dan tidak rusak selama pengiriman retur, karena kerusakan tersebut dapat mengakibatkan retur kami tolak.
Pengembalian Dana
Setelah retur disetujui, jumlah dana yang dikembalikan adalah setelah dikurangi biaya-biaya. Dana hanya bisa dikembalikan dalam bentuk voucher/kupon di Otokars.ID. Voucher/kupon tidak bisa diuangkan namun bisa digunakan untuk pembayaran pada pembelian berikutnya. Jika belum memiliki akun pada Otokars.ID, silahkan register melalui tautan berikut: https://otokars.id/my-account/